Sudahkah Anda Tersenyum hari ini...????

Jumat, 16 Juli 2010

Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat

BEM FASILKOM UMB

Ia mengarahkan kedua telunjuknya pada tombol-tombol yang ada pada keyboard. Jarinya terus mencari huruf yang ia tuju. Mataku sejenak memperhatikan ia yang sedang belajar menggunakan komputer. Bibirku tersenyum... masih kecil ia sudah ingin belajar komuter "ucapku dalam hati". Maya Rohalia Utami, usianya baru 6 tahun. Dan sekarang duduk di bangku Sekolah Dasar kelas I. Ia memiliki motivasi yang tinggi untuk mempelajarinya. Tanpa aku ajarkan ia sudah bisa browsing di internet, mencari gambar-gambar kartun, dan terkadang sesekali mataku suka melihat ia sedang bermain game di internet. Hmmm.... anak ini memang punya keinginan untuk bisa menggunakan komputer. Setahu saya di usianya yang masih kecil itu, belum pernah saya melihat anak perempuan memiliki keinginan yang luar biasa untuk belajar komputer. Namun inilah faktanya, dunia sudah berubah. Informasi Tekhnologi kini sudah menjamur di era globalisasi ini. Dan akupun tak sungkan untuk mengajarkan ia pengetahuan dasar mengenai komputer. Ia banyak bertanya, dan aku merasa senang dengan itu. Karena aku pikir semakin banyak bertanya semakin banyak pula ilmu yang ia peroleh. Dalam waktu senggang saya pernah bertanya pada adikku itu, kenapa ia begitu antusias ingin bisa menggunakan komputer dan internet. Ia menatapku "Aku ingin seperti gambar ini?" jawabnya sambil menunjukkan poto yang ada dalam majalah yang ia baca. Aku tercengang dan kaget. Tahukah, gambar siapakah yang ia tunjuk? Ia menunjuk "Bill Gate". Orang terkaya di dunia, dan mempunyai perusahaan Microsof itu. Sungguh luar biasa, sebuah keinginan yang membuka pikiranku pada saat itu. Nah itulah sekilas singkat cerita aku dan adiku, Maya Rohaliya Utami, yang memulai mempelajari komputer dan internet di usianya yang sangat kecil Lalu bagaimana dengan kita? Apakah kita harus kalah semangatnya oleh anak yang masih kecil itu? Karena ”Blogger Indonesia --HARUS-- dukung internet aman, sehat & manfaat

Dalam kehidupan kita sehari-hari, apapun itu, menonton Televisi, mendengarkan radio, Chating, browsing, memasak dan kegiatan sehari-hari lainnya, tak kan pernah luput dari peran Informasi Tekhnologi. Bahwasanya Informasi Tekhnologi yang sekarang perkembangannya sudah luar biasa dan mendominasi di seluruh belahan dunia kini sudah diperbaharui lagi, dan akan semakin berkembang ke depannya. Berbicara dunia IT tentunya kita tak asing lagi mendengar kata yang satu ini. Yaitu Internet. Internet ini merupakan sebuah kebutuhan yang mendasar bagi pengguna IT bahkan orang yang awam pun akan senantiasa membutuhkannya. Sekilas mengenai internet, pada dasarnya internet merupakan sebuah rangkaian yang terhubung dari beberapa rangkaian. Karena itu banyak orang yang menjadikan internet sebagai kebutuhan primernya disamping makan dan minum. Dengan fasilitas internet orang-orang akan lebih mudah mencari informasi yang ia butuhkan. Tak heran lagi, banyak anak-anak sekolah dan mahasiswa mengerjakan tugas-tugas sekolah dan kuliahnya menggunakan layanan internet. Dengan hanya menggunakan mesin pencari google atau mesin pencari lainnya, pengguna akan dihantarkan pada keyword yang ia inginkan. Tak hanya itu saja, kini dalam internet juga kita bisa bersekolah dan kuliah. Tanpa harus datang ke tempat tujuan, dan mendengarkan guru atau dosen menjelaskan materi yang akan di sampaikan. Namun dalam internet ini, kita akan dituntun secara online, mendapat pengarahan sebagaimana kita bersekolah dan kuliah dalam sebuah ruangan. Internet menjadikan dunia pendidikan di dunia ini semakin mudah. Dan di sekolah seperti di tingkat SMP, internet sudah dijadikan sebagai kurikulum dalam materi pembelajarannya. ”Blogger Indonesia --HARUS-- dukung internet aman, sehat & manfaat

Dalam internet juga banyak diadakan perlombaan yang ditujukan untuk pendidikan, tujuannya untuk meningkatkan kualitas para bloger. Seperti link dibawah ini:
Silahkan di klik


Bukan hanya itu saja, internet juga dalam dunia pendidikan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Rata-rata materi yang di sampaikan di sekolah atau perkuliahan, bisa dikatakan sangat minim sekali, meskipun sudah di bantu dengan buku paket atau modul. Untuk itu, kini internet hadir membawa fasilitas yang sangat menakjubkan. Semua informasi yang dibutuhkan sudah ada dalam internet. Hanya saja, sejauh ini masih banyak orang yang malas menggunakan internet, meskipun internet hadir dalam layanan yang sangat mudah. Rasa malas itulah yang menghambat kesuksesan generasi muda saat ini. Mereka berfikir internet hanya sebatas untuk hiburan dan kesenangan saja. Sehingga pola pikir mereka terbentuk menjadi pola pikir yang dangkal. Dalam dunia marketing atau biasa di sebut pemasaran, internet di jadikan sebagai bahan untuk mempromosikan sekolah atau kampusnya kepada pengguna. Karena selain mudah, promosi tersebut gratis, namun hasilnya sangat fantastis. Banyak pemngguna internet yang tertarik melihat profile sekolah atau kampus yang di publikasikan menggunakan internet. Karena pada dasarnya internet digunakan untuk dunia pendidikan dan sarana informasi.
Blogger Indonesia --HARUS-- dukung internet aman, sehat & manfaat”



Dari serangkaian informasi tersebut, kita dapat mengetahui begitu pentingnya internet dalam dunia pendidikan saat ini. Tanpa harus repot-repot keluar rumah hanya untuk melihat nilai ujian atau tes lainnya, kini hanya dengan mengakses internet itu semua kita bisa lakukan dengan santai dan duduk manis di rumah. Perkembangan internet, memberikan pencerahan pada dunia pendidikan, sience dan ilmu pengetahuan lainnya. Apalagi, sekarang-karang ini, untuk menentukan arah kiblat dengan data yang akurat, kita bisa menggunakan internet. Sangat mudah dan efisien. Dalam dunia pendidikan juga, internet berperan penting dalam menyelesaikan tugas akhir mahasiswa yang akan membuat skripsi. Karena apa? Ketika dosen tak ada di kampus, dan berada di luar negeri mahasiswa tersebut tidak takut skripsinya tertunda, karena dosen pembimbing jauh dari kampus, dengan fasilitas internet khususnya email skripsi tersebut bisa dikirim menggunakan fasilitas tersebut. Dengan akses yang cepat dan comportable. Wah...... semakin menggiurkan saja perkembangan internet sekarang ini, terlepas dar itu semua, "Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat".

Tips
berinternet sehat dan aman untuk dunia pendidikan, diantaranya fokuskan pada obyek yang akan kita cari, jangan sampai ide-ide negatif yang muncul dalam pikiran kita mengalahkan tujuan kita yang awal. Kemudian, tanamkan dalam diri bahwasanya internet adalah sarana untuk pndidikan dan sumber informasi, gunakan waktu dengan sebaik mungkin untuk mengerjakan tugas dari sekolah atau kampus, sehingga pekerjaan yang dikerjakan cepat selesai dan teroganisir dengan baik. Gunakan sarana internet untuk mengasah ranah kognitif kita seperti bermain game yang mendukung untuk menstimulasi kerja otak, hilangkan pikiran-pikiran negatif untuk membuka situs-situs negatif dengan cara membentengi diri kita dengan keimanan sehingga terhindar dari pikirn tersebut.




Jadi, segala kemudahan dapat kita rasakan dengan menggunakan internet, terutama dalam dunia pendidikan ini. Dunia pendidikan yang harus mendapat perhatian lebih dari semua kalangan masyarakat di Indonesia, sudah seharusnya bangkit dan "Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat". Karena perkembangan dunia pendidikan ada pada pundak kita semua. Semua fasilitas yang ada mari kita gunakan dengan sebaik mungkin, karena pengalaman adalah guru yang paling berharga bagi kita.

Masih banyak kegunaan internet dalam dunia pendidikan, untuk itu carilah ilmu sebanyak mungkin. Selama hayat masih di kandung badan. Semoga pembaca semuanya mendapatkan informasi yang bermanfaat dan bisa di amalkan kepada orang-orang di sekitar kita.

"Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat".






Tidak ada komentar: